About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Thursday, September 3, 2009

| 0 comments |

BMKG: Gempa Susulan Mungkin Terjadi Lagi Hari Ini


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghitung, sebanyak 12 kali gempa menyusul setelah gempa pertama kali mengguncang pada 2 September 2009 kemarin. Hal ini diungkapkan oleh Kepala BMKG, Sri Woro B. Haridjono dalam rapat kerja antara BMKG dengan Komisi V DPR RI, hari ini (3/9).

Sri mengatakan, gempa susulan kemungkinan masih akan terjadi pada hari ini. Namun, ia belum bisa menghitung berapa kali gempa susulan yang bakal terjadi. "Kami minta kepada masyarakat untuk tetap waspada," ujar Sri.

Seperti yang diketahui, kemarin telah terjadi gempa bumi yang berpusat di 142 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa ini terjadi pada kedalaman 30 km dari permukaan air laut. Gempa, pertama kali tercatat pada pukul 14.55 WIB, Rabu 2 September 2009 dan berpusat pada 8,24 LS.

Sri melanjutkan, hingga saat ini, BMKG hanya mempunyai 19 radar cuaca. Padahal untuk luas wilayah Indonesia sebesar 5.990 km2, BMG membutuhkan setidaknya 37 radar cuaca. "Sehingga kami masih membutuhkan tambahan sekitar 18 radar cuaca lagi," ungkap dia.

Sekadar catatan, pada hari ini, gempa telah mengguncang Papua dengan kekuatan 4,8 skala richter pada pukul 13.55 WIT, atau 11.55 WIB.


sumber


Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda