About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Tuesday, November 3, 2009

Lebih Besar dan Mewah dari Titanic


ImageKORSOER - Warga Inggris yang tinggal di sepanjang pantai selatan negeri itu akan berkesempatan menyaksikan pemandangan istimewa hari ini. Yaitu, melintasnya “Titanic” baru, Oasis of the Seas. Kapal pesiar seharga GBP 800 juta (Rp12,38 triliun) itu dijadwalkan berlabuh di Inggris hari ini untuk menurunkan para pekerja yang terlibat dalam pembuatannya di dok STX Finlandia. Kapal yang besarnya lima kali lipat dibandingkan Titanic dan tiga kali lipat dibandingkan pemegang rekor kapal pesiar terbesar dan termewah, Queen of Elizabeth, tersebut dalam perjalanan menuju Florida. Kapal setinggi 360 meter itu diagendakan tiba di Florida 20 November mendatang untuk kemudian diperkenalkan secara resmi ke publik. Pihak STX sempat khawatir ketika kapal tersebut melintas di bawah jembatan Great Belt yang berada di atas perairan Laut Baltik, Denmark, Jumat lalu (30/10). Namun, kekhawatiran itu tidak terbukti. Oasis of the Seas melaju mulus kendati jarak puncak kapal dengan bagian bawah jembatan hanya 60 sentimeter. ‘’Untuk berjaga-jaga, lalu lintas di sekitar jembatan dihentikan selama 15 menit ketika kapal melintas," Joergen Brand, juru bicara Angkatan Laut Denmark, seperti dikutip Daily Mail.


‘’Fantastis, bisa melihatnya meluncur di bawah jembatan. Kapal itu amat besar," aku Kurt Hal (56), salah seorang yang menyaksikan kapal Oasis melintas di bawah Jembatan Great Belt kepada Associated Press.
Perusahaan pembuat kapal STX Finland membuat kapal berkapasitas 6.360 penumpang dan 1.230 kru itu atas pesanan Royal Caribbean International. Kapal tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan yang sangat luks.
Misalnya, ada 21 kolam dengan berbagai variasi. Mulai dari empat kolam renang besar beserta berbagai kolam pusaran air. Juga, lapangan voli dan basket. Bagi yang menginginkan aktivitas menantang disediakan pula fasilitas panjat dinding.
Ada pula gelanggang es dan lapangan golf mini yang siap digunakan. Perancang kapal juga telah membangun zona khusus anak-anak dengan laboratorium ilmu pengetahuannya dan carousel yang rancangannya asli buatan tangan.
Pertunjukan besar juga bisa dilakukan di atas kapal ini yang memiliki dua amphitheater. Satu amphitheater outdoor dengan kapasitas 750 kursi dan indoor dengan kapasitas 1.300 pengunjung.
Untuk para penumpangnya yang dipastikan adalah kaum berduit, juga disediakan butik, restoran, dan bar. Bahkan kabarnya bar ini bisa bergerak naik turun dari tiga dek untuk menyajikan pemandangan dan pengalaman berbeda. Bagi anak-anak tersedia pula bar koktail yang menyajikan minuman tanpa alkohol.
Begitu luasnya kapal itu hingga dapat dibagi beberapa wilayah dengan tema khusus, termasuk zona tropikal. Di zona tropikal ini, terdapat beberapa pohon palm dan anggur. Rencananya sebanyak 12.000 tanaman tersebut baru akan ditanam ketika kapal tiba di Fort Lauderdale.
Menurut Manajer Proyek Toivo Ilvonen, kapal pesiar seberat 225.282 ton dengan 16 dek itu merupakan kapal ramah lingkungan pertama di dunia Sebab, kapal tersebut me-recycle kembali seluruh air yang ada dan tak membuang kotoran ke laut. Setidaknya para kru membutuhkan 2.300 ton air untuk mengisi kolam renang. Gaya urban juga ditawarkan perancang mulai dari lantai hingga jendela.
Bagaimana dengan tarifnya? Anda harus siap merogoh kantong sebanyak GBP 1.300 (Rp20,32 juta) untuk dua minggu perjalanan. (war/ttg)

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda