About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Saturday, September 12, 2009

Sua Persiba di Laga Perdana


PALEMBANG - Djarum Indonesia Super League (DISL) II resmi digelar Minggu, 11 Oktober mendatang. Sriwijaya FC sendiri akan melakoni dua laga away. Masing-masing Persiba Balikpapan (11/10) dan PSM Makassar pada Rabu, 14 Oktober 2009.Kemenangan pada laga perdana sangat penting. Menurut Coach Sriwijaya, Rahmad Darmawan, itu akan memberi kemudahan bagi anak-anak asuhnya melakoni laga-laga selanjutnya. Pada DISL I edisi 2008/2009 lalu, Beruang Madu (julukan Persiba) adalah tim papan bawah yang finis di urutan ke-12. Melihat prestasi kedua tim, Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya), jauh lebih unggul.Namun, jangan remehkan Persiba musim ini. Memang, mereka tidak punya pemain lokal berkategori bintang. Yang ada hanya striker kelas bawah seperti Sultan Samma, Johan Yoga, dan Gendut Doni yang sudah menunjukkan umur. Tapi, skuadra asuhan Daniel Roekito punya pemain asing pilihan. Mereka adalah Julio Lopes (Chili), Robertino Pugliara (Argentina), dan Mijo Dadic (Kroasia). Bahkan, Persiba juga akan melengkapi dua kuota asing Asia. Mereka punya  striker asal Australia, Joel Nigel Wood. Musim 2008/2009 lalu, Joel Nigel memperkuat Newcastle United Jets yang akan bermain di Liga Champion Asia (LCA) 2010. Satu lagi dari Iran. Tapi, belum tahu siapa nama pemain yang dimaksud.

“Away perdana biasanya sulit. Tapi, kami berusaha untuk menang karena kami pernah menang di kandang Persiba,” ungkap Coach Sriwijaya, Rahmad Darmawan, kemarin (11/9).
Yah, pada DISL I di Balikpapan, 18 Agustus 2008 lalu, Sriwijaya sukses mempermalukan Persiba 2-1. Dua gol Sriwijaya diborong Zah Rahan menit ke-18 dan ke-78. Sementara, satu gol Persiba diciptakan Bruno Zandonaide menit ke-13.
Tapi, Sriwijaya sulit menang di Jakabaring ketika bersua Persiba 25 Maret lalu. Mereka hanya imbang 1-1. Satu gol Sriwijaya diciptakan Ngon a Djam menit ke-12. Gol balasan Persiba via Gaston Castano menit ke-31.
“Jujur, secara pribadi saya optimistis dengan tim saya. Adanya ujicoba lawan Persiwa Wamena (13/9), Persema Malang (16/9), Pelita Jaya Jabar (27/9), Semen Padang (30/9), untuk mengetahui kesiapan tim saya,” lanjut pelatih asal Metro, Lampung.
Ada satu “penyakit” Sriwijaya. Yaitu sindrom laga perdana alias tidak pernah menang setiap laga perdana. Pada DISL I di Jakabaring, 12 Juli 2008, imbang 2-2 dengan Persipura Jayapura.
Awal Ligina 2007 lalu, Sriwijaya kalah 0-1 dari Persik Kediri (10/2/07). Demikian Ligina 2006, kalah 1-2 dari Persija Jakarta (14/1/06). Termasuk Ligina edisi 2005, saat dikalahkan 0-1 dari Persikota Tangerang (5/3/2005).
“Tak ada alasan untuk kalah (lagi) di laga perdana. Saya pikir, tim saya sudah siap,” pungkas pelatih 42 tahun.
Rahmad memang optimistis. Paling utama karena komposisi pemain yang glamour. Selain punya tambahan bintang lokal seperti Ponaryo Astaman, Rahmat Rivai, dan Hendro Kartiko, Sriwijaya juga punya asing berkelas.
Terbaru, mereka merekrut defender timnas Singapura, Precious Emuejeraye. Satu lagi bidikan asing Sriwijaya, Agu Casmir yang juga pemain timnas Singapura.
Terpisah, Coach Persiba Daniel Roekito tidak mempermasalahkan bersua Sriwijaya. Menurutnya, tim asuhannya juga punya persiapan. Salah satunya ikut turnamen Kraton Jogyakarta, 27 September hingga 1 Oktober mendatang.
“Turnamen ini akan mengasah mental anak-anak. Sulit mengalahkan Sriwijaya. Tapi, mereka bukan tim tak terkalahkan,” ungkap Daniel seperti dilansir Kaltim Pos (grup koran ini). (mg2/jpnn)



Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda