About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Monday, January 25, 2010

Kenapa saat kita melangkah, tangan ikut berayun?

pernahkah anda memperhatikan ketika anda berjalan, ketika kaki kanan melangkah, tangan kiri anda bergerak mengimbangi, begitu juga setelah kaki kanan mendapatkan tumpuan, kaki kiri melangkah, dan di ikuti pula gerakan tangan kanan anda. Pertanyaan nya, kenapa selalu begitu yah, begitu teratur dan indah... bisa aja sih agan berjalan dg kaki kanan trus tangan kanan ikut bergerak, tapi pasti agan akan di ketawain sama yg lain, di bilang jalan kek robot lah, atau aneh lah...

Nah, dari sinilah berusaha mencari jawabannya, sgala literatur di ubek2 ksana kemari, dan akhirnya ketemu juga jawabannya... Mungkin jawaban bisa di lihat dr berbagai macam sudut pandang, dari sudut pandang ilmiah, agama, psikologi, dsb... tapi intinya hampir sama.

Segera mari kita simak jawabannya disini!, kalo ada yg menyangkal ataw yg punya pendapat lain, silakan di pampang dimari biar kita bisa berdiskusi.

Tentang Melangkah




Dalam proses tumbuh kembang seorang manusia, ada suatu periode dimana ia mulai belajar mengenali letak-letak benda disekelilingnya.
Dari sinilah kemudian muncul konsep menetapkan jarak antara dirinya dan benda tersebut. Pada awalnya ia akan berusaha menggapai benda disekelilingnya dengan menggunakan tangan. Namun ia belajar bahwa terkadang menggunakan tangan saja tidak cukup, terutama untuk benda-benda yang letaknya jauh. Mulailah ia belajar menggunakan kedua kakinya untuk bisa bergerak lebih jauh. Bila ia melakukan gerakan sedemikian rupa sehingga jarak antara dirinya dan benda tersebut semakin kecil, maka berarti ia bergerak maju. Lalu, jika ia melakukan gerakan sedemikian rupa sehingga jarak antara dirinya dan benda tersebut semakin besar, maka ia berarti melakukan gerakan mundur. Dan bila ia melakukan gerakan sedemikian rupa sehingga kedudukannya bergeser namun jarak antara dirinya dan benda tersebut tidak mengalami perubahan, maka berarti ia melakukan gerakan menyamping.
Nah, dari sini bisa kita pahami bahwa, kita manusia berupaya belajar untuk beradaptasi thd lingkungan. Untuk menggapai tujuan, manusia harus melangkah. Proses melangkah seperti saat ini adl posisi yang paling ideal bagi manusia untuk melangkah.


Naluri





Dari wikipedia, Naluri atau insting adalah suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tapi telah ada sejak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara turun-temurun (filogenetik). Dalam psikoanalisis, naluri dianggap sebagai tenaga psikis bawah sadar yang dibagi atas naluri kehidupan (eros) dan naluri kematian (thanos).
Nah, berjalan dengan menggoyangkan tangan merupakan salah satu insting manusia, secara turun menurun, manusia mengajarkan kpd anak-anaknya untuk melangkah. Jadi seandainya, naluri manusia utk melangkah adl berjalan menyamping, ya mungkin saja kita sekarang kalo melangkah ga kek skrng, tapi menyamping kayak kepiting


Dalam hidup ada positif dan negatif






Jika kita perhatikan fenomena alam, maka akan kita dapatkan bahwa semuanya itu bergerak, baik benda mati maupun benda hidup. Demikian pula dengan anggota tubuh kita, pikiran kita, hati kita, dan semuanya yang ada dalam diri kita itu bergerak. Gerakan itu bisa di bagi dua, bergerak ke arah yang positif dan bergerak ke arah yang negatif.
Begitu juga ketika kita melangkah, bila kaki kita melangkah positif, tangan kita mengimbangi dg pergerakan negatif. Inti dari sini adalah keseimbangan hidup. Proses melangkah spt saat ini menciptakan keseimbangan bagi tubuh untuk bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.


sumber : kaskus

Artikel Terkait



1 comments:

Muhammad Febri said...

keren nih informasinya bisa buat tambah pengetahuan.. like this

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda