About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Sunday, August 30, 2009

| 0 comments |

Lagu Kebangsaan Malaysia NEGARAKU Ternyata Hasil Jiplakan Lagu Indonesia TERANG BULAN yang Telah Populer Di Indonesia Sejak Th. 1930

Sepertinya karakter maling yang melekat pada diri bangsa malingsia emang udah dari sononya, setelah banyak banget yang telah ia curi dari Indonesia, kali ini terkuak bahwa lagu kebangsaan malingsia NEGARAKU adalah jiplakan dari lagu Indonesia yang populer pada tahun 1930 yang berjudul TERANG BULAN.

“Instrumennya sama dan tidak ada yang berbeda, hanya syair lagu berbeda,” ujar Konsultan Lokananta Recording, Jaka Irmanta, saat jumpa pers di kantornya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/8/2009).


Menurut dia, Lokananta baru mengetahui hal ini setelah menginventarisasi lagu asli Indonesia agar tidak diklaim Malaysia kembali. “Lagu ‘Terang Bulan’ pertama kali diputar di RRI Jakarta pada tahun 1956, sedangkan Malaysia baru merdeka pada 31 Agustus 1957,” tandasnya.


Menanggapi hal ini, pada Senin mendatang atau bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Malaysia, Lokananta akan mendatangi Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta sekaligus memberikan somasi atas lagu tersebut.


Sementara itu, Kepala Perum Lokananta Surakarta Ruktiningsih membantah jika lagu tersebut merupakan pemberian mantan Presiden Soekarno sebagai hadiah atas kemerdekaan Malaysia. “Tidak ada dokumen penyerahan lagu tersebut,” pungkasnya.


Menurut salah satu situs juga menyebutkan bahwa lagu TERANG BULAN pertama dinyanyikan oleh Bang Maing PENYANYI BELAKANG layar untuk aktor Rd Mochtar dalam film TERANG BULAN tahun 1930-an.



Sebenarnya, dirinya sudah mengetahui sejak lama adanya dugaan menjiplakan lagu Terang Bulan tersebut oleh Malaysia. Semula, pihaknya hanya berdiam diri dan tidak pernah mempermasalahkan. “Namun setelah adanya kasus tari Pendet, kita tidak bisa lagi berdiam diri,” katanya.



Menurut konsultan hukum Lokananta, Jaka Irwanta, pihaknya akan segera menghadap Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, untuk membicarakan masalah dugaan penjiplakan lagu milik Lokananta oleh Malaysia. “Kemungkinan pekan depan kita akan ke Jakarta,” kata Jaka Irwanta, Jumat (28/8).


Jaka mengatakan, agenda dalam pertemuan tersebut akan membicarakan mengenai kemungkinan dilakukannya pelayangan surat somasi kepada Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia.


Dirinya mengakui, jika somasi tersebut dilayangkan, berpotensi membawa akibat besar terhadap hubungan antar negara. “Sebab tidak main-main, yang disomasi adalah lagu kebangsaan,” kata Jaka. Hanya saja menurutnya, Malaysia perlu untuk mendapatkan pelajaran agar dapat menghargai kebudayaan bangsa lain, terutama Indonesia.


Selanjutnya Jaka menceritakan, sebenarnya Presiden Soekarno memang pernah menghadiahkan piringan hitam lagu Terang Bulan kepada pemerintah Malaysia, yang saat itu belum merdeka. “Namun itu hanya hadiah, bukannya untuk dijiplak,” katanya.


Untuk meyakinkan bagaimana persisnya lagu kebangsaan malingsia NEGARAKU, Anda bisa download atau dengarkan lagu TERANG BULAN disini. <Broken link> Lagi gue cariin nich….termasuk juga lagu NEGARAKU-nya malingsia.


Nich dari youtube :

NEGARAKU




TERANG BULAN






sumber



Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda