About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Wednesday, February 25, 2009

Forsir Kemenangan

ImageBesok (26/2), Sriwijaya FC v Persib


PALEMBANG - Langsung lolos babak 16 besar Copa Dji Sam Soe Indonesia (CDSSI) IV adalah berkah bagi Sriwijaya FC (SFC). Sebab, tim berjuluk Laskar Wong Kito, tidak perlu repot menjalani CDSSI IV dari awal babak 64 besar.Berbeda dengan Maung Bandung, julukan Persib, yang harus berhadapan dengan dua tim. Tapi, skuadra Jaya Hartono akhirnya bisa mulus ke-16 besar. Itu setelah mereka memang agregat 4-2 atas PSDS Deli Serdang. Selain itu juga menang agregat 2-1 atas Persires Rengat.Kini, kedua raksasa langsung “baku hantam” di leg ke-1 babak 16 besar CDSSI IV. Duel ini sendiri digelar di Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ). (Rencana siaran live TVOne, mulai pukul 15.30 WIB).Hingga kini, Coach SFC Rahmad Darmawan masih merahasiakan siapa tiga asing yang bakal jadi starter. Pelatih berusia 42 tahun ini baru akanmengungkapkannya sehari sebelum super big match digelar. “Itu bagian dari strategi tim. Kalian mungkin bisa menebak-nebak. Tapi, bisa saja saya akan turunkan formasi baru,” cetus Rahmad Darmawan, kemarin (23/2).
Banyak yang memprediski, trio asing yang jadi starter adalah Ngon a Djam, Zah Rahan Krangar, dan Keith Kayamba Gumbs. Sebab, ketiganya adalah trio asing yang akan tampil di Liga Champion Asia (LCA), Selasa, 10 Maret mendatang.
    Alasannya klise. Rahmad pasti akan memforsir kemenangan. Sebab, status mereka home alias main di kandang sendiri. Mereka juga mencari modal gol sebanyak-banyaknya. Alasan lain, untuk pemanasan bagi trio berjuluk Ka-Zah-Ngon, untuk menghadapi Seoul FC.
    Sementara itu, dua asing lain Obiora Richard dan Tsimi Jacques Joel Patrick bakal diparkir. Alasannya, kondisi Obiora tidak fit seratus persen. Karena, punggung pemain asal Nigeria tersebut belum pulih pasca membentur tiang gawang saat SFC mengalahkan Persik Kediri 2-1 pada Senin, 16 Februari lalu.
    Sementara Tsimi Jacques, masih ada defender lokal yang bisa mem-back up-nya. Toh, tim double winners punya Slamet Riyadi dan Syafruddin. Bisa juga defender anyar Mauli Lessy.
    “Jujur, kami ingin memforsir kemenangan di leg ke-1. Itu akan memudahkan kami saat menjalani leg ke-2 di Bandung pada 14 Maret mendatang. Tapi, soal strategi, saya masih menutup rapat,” sambung pelatih asal Metro, Lampung ini.
    Kemenangan memang penting. Tak hanya Rahmad, para punggawa SFC pun siap habis-habisan. Toh, menjadi juara CDSSI IV adalah salah satu kampanye musim 2008/2009. “Kami tahu, Persib perlahan mulai menunjukkan konsistensinya. Namun, kami tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan,” terang defender SFC Charis Yulianto.
    Nada menantang juga dilontarkan Coach Persib Jaya Hartono. Pelatih kelahiran Medan, Sumut, 20 Oktober 1963, ini tidak mau sekadar pasang badan. Trio asing yang diturunkannya Christian Gonzales (striker), Hilton Moreira (striker), dan  Nyeck Nyobe Georges Clement (defender), menujukkan bukti mereka juga akan bermain ofensif. “Kondisi tim sangat bagus. Toh, kami tetap harus kerja keras untuk mengalahkan Sriwijaya,” tukas Jaya.
    Di laga ini, Jaya tidak membawa Lorenzo Cabanas (midfielder) dan Fabio Alves Bastos (striker). Menurutnya, peran kedua asing tersebut bisa diganti. Untuk menambah daya dobrak duel Gonzales-Hinton, bisa dengan memasukkan Zaenal Arief. Sedangkan Lorenzo Canabas, bisa dicover Siswanto atau Atep. “Itu sesuai kebutuhan tim. Mencuri poin, itu target realistis kami,” lanjut pemain timnas era 1986-1990 ini.
    Soal pemain lokal, Jaya termasuk selektif. Bahkan, dia juga berani memarkir Salim Alaydrus, pemain yang selama ini menghiasi starting line up. Termasuk tiga lokal lagi yang absen, yaitu Edi Kurnia (kiper), Chandra Yusuf, dan Orwan Wijasmara. Total punggawa yang mereka bawa 19 pemain.
    “Saya belum berani memutuskan pemain mana saja yang tampil. Itu akan ditentukan setelah kami uji coba lapangan,” pungkas pelatih yang 2007 lalu menukangi Deltras, Sidoarjo. (mg2)


Head to Head

9 September 2008 : Sriwijaya v Persib : 4-2 : Putaran I ISL
27 Nopember 2007 : Persib v Sriwijaya  : 0-1 : Putaran II Liga Indonesia XIII
4  Maret 2007 : Sriwijaya v Persib : 1-0 : Putaran I Liga Indonesia XIII
11 Juni 2006 : Sriwijaya v Persib : 0-0 : Putaran II Liga Indonesia XII
11 Maret 2006 : Persib v Sriwijaya : 0-0 : Putaran I Liga Indonesia XII
22 Juni 2005 : Persib v Sriwijaya : 1-0 : Putaran  II Liga Indonesia XI
8 Maret 2005 : Sriwijaya v Persib : 1-4 : Putaran I Liga Indonesia XI

Sumber : sumeks

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda