About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Saturday, September 12, 2009

Tips Jitu Mengatasi Situasi Memalukan

Tidak bisa dipungkiri, hampir semua orang pernah merasa malu karena, kelalaian yang dilakukannya. Tidak ada yang salah denganhal ini, Anda tidak perlu mengurung diri atau menyembunyikan wajah. Berbanggalah menjadi seseorang yang pernah mengalaminya dan jadikan pengalaman ini sebagai kenangan lucu yang bisa Anda ceritakan kepada kolega Anda, seperti beberapa pengalaman memalukan berikut ini:



“Ketika akan berangkat meeting di BI Jakarta, saya lupa membawa flashdisk. Spontan saya minta rekan saya untuk membawakan flashdisk-nya ke bandara sebelum saya berangkat. Nah, ketika sesi meeting selesai, saya minta kepada panitia penyelenggara untukmeng-copy-kan file presentasi ke dalam flashdisk pinjaman teman saya tersebut. Tapi begitu dibuka, ternyata isinya gambar-gambar Lindsay Lohan dengan swimsuit..lebih-lebih lagi pihak panitia belum mematikan viewer presentasi sehingga semua peserta yang hadir, berteriak gaduh. Duh malu banget saya ketika itu…” Didi, 31, Banker.


“Saya pernah naksir cewek dari fakultas lain, ketika masa kuliah. Namun saya selalu malu dan tidak berani menyapa kalau ketemu dia. Sampai suatu ketika saya bertemu dia di sebuah warung makan. Ketika itu saya berpikir, kapan lagi bisa bertemu dia secara personal seperti ini, dan menyapanya. Kesempatan tidak akan datang 2 kali! Setelah saya kumpulkan segenap keyakinan, saya melangkah ke dekatnya dan menyapanya, ‘Hai..Mm…lagi apa?’ Spontan dia agak bingung dan menghentikan kunyahannya, kemudian menjawan santai dan senyum, ‘Hm..keknya jelas-jelas lagi makan deh…’ Duh, kenapa saya sebodoh itu.” kenang Joyo, 31, Arsitek.


“Hal ini terjadi ketika saya sedang mengikuti trainning Tung Desem Waringin (TDW) yang diadakan kantor saya. Pada suatu sesi TDW melemparkan pertanyaan tentang siap yangmau menerima uang 100 ribu darinya secara cuma-cuma. Seorang rekan maju dan mendapakannya, setelah sebelumnya lama semua peserta ragu: antara dikerjain dan beneran. Pada sesi kedua, kembali TDW mengobral uang100 ribu, siapa lagi yang mau. Spontan saya maju, karena tadi melihat teman saya sukses mengambil uang 100 ribu dari TDW. Tapi setelah sampai di depan ternyata, saya merupakan contoh salah dari TDW, dengan pesan moral, ‘Kesempatan tidak datang 2 kali, yang kedua biasanya hanya mengekor kesuksesan pertama’. Duh, semua audience menertawai saya, sejenak mata saya berkunang-kunang saking malunya, tapi untung saya bisa kembali duduk di kursi saya dan melanjutkan trainning…Fiuhhh!” Koko, 29, IT Staff.



Berikut ini, adalah Tips terbaik menghadapi saat-sat memalukan tersebut:


1. Tertawa Saja! Resep terbaik menyelamatkan muka setelah mengalami kejadian memalukan adalah ikut menertawakannya. Orang di sekitar Anda akan menganggap Anda tidak mempermasalahkan dan Anda baik-baik saja menghadapinya (meskipun sebenarnya tidak demikian).


2. Mengganti Topik Pembicaraan. Segera ganti pembicaraan dengan mengangkat tema seru hari ini. Misalnya, tadi pagi Anda membaca tajuk utama di koran mengenai kebakaran yang menelan korban jiwa atau gosip gonjang-ganjingnya pernikahan Anang - KD.


3. Mengubahnya Menjadi Suatu Lelucon. Misalnya, ketika di sebuah acara keluarga, tiba-tiba si kecil menarik baju mamanya untuk minta menyusu. Segera lontarkan lelucon mengenai kecepatan tangannya. Hal ini cukup jitu untuk mengatasi kejadian bahwa bra Anda baru saja terekspos.


4. Lupakan. Meski kejadian ini membuat muka Anda bersemu merah, dalam beberapa hari orang sudah melupakknya. Jadi, jangan terlalu dipikirkan.




sumber ; tipsanda.com


Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda