About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Tuesday, September 1, 2009

Tips Agar Uang THR Tidak Cepat Habis


Saat menjelang Lebaran, tentunya anda tak sabar menunggu Tunjangan Hari Raya (THR) masuk ke rekening. Kebutuhan meningkat menjelang Lebaran terkadang membuat anda tak sadar tiba-tiba THR langsung lenyap.

Bahkan setelah liburan berakhir, tiba-tiba anda merasa menjadi bangkrut? Apakah kebutuhan sehari-hari yang tiba-tiba sulit anda penuhi?

Parahnya lagi, mungkin anda justru terpaksa berutang pada saudara atau teman setelah bulan sebelumnya anda mendapatkan THR. Lalu kemana larinya uang banyak yang kita peroleh sebelum libur hari raya ini?

Bila kita tidak ingin bangkrut setelah lebaran, caranya adalah menyisihkan atau menabung sebagian dari THR. Tapi mungkinkah THR ditabung? Jawabannya sangat mungkin!

Hal itu dikarenakan pemasukan bersifat terbatas sedangkan kebutuhan dan keinginan bersifat tidak terbatas. Salah satu hal yang menyebabkan seseorang sulit menabung adalah karena kita tidak mempunyai tujuan keuangan.

Tanpa tujuan keuangan yang spesifik, maka tidak ada dorongan atau motivasi untuk mencapai apa yang diidamkan selama ini.
Berikut ini tips dari Citibank agar uang THR anda tidak mudah habis:

Pertama, berusaha menjadi lebih bertanggung jawab. Setiap orang sebenarnya bisa mengatur keuangan pribadi atau keluarganya. Baik anda yang memang sudah pintar menabung, atau anda yang masih punya kebiasaan boros. Sebenarnya bisa menabung, syaratnya mau berusaha.

Kedua, menjadikan menabung sebagai prioritas sebelum berbelanja. Menabung lah sebelum berbelanja keperluan hari raya. Sisihkanlah paling tidak 10 persen dari THR anda.

Ketiga, mempunyai kontrol diri yang ketat. Hindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. Kalau kita ingin bisa menabung dengan baik, kita harus bisa hemat.

Keempat, memisahkan rekening tabungan dari rekening penerimaan gaji dan kebutuhan harian. Karena bila anda menyatukan tabungan untuk kebutuhan harian dan tabungan untuk tujuan masa datang dalam rekening, maka bisa jadi anda menemui kesulitan untuk menyisihkan sebagaian dari tabungan tersebut.

SUMBER: Vivanews


Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda