About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Monday, September 7, 2009

Misteri Laut Mati or البَحْر المَيّت‎, apaan sih?

Mungkin banyak diantara kita yang udah tau dan pernah denger nama 'laut mati' (Arabic: البَحْر المَيّت‎, al-Baḥr El-Mayyit, "Dead Sea"; Hebrew: יָם הַ‏‏מֶּ‏‏לַ‏ח‎, Yām Ha-Melaḥ, "Sea of Salt"), tapi apakah juragan sekalian tau apa itu sebenernya laut mati, kenapa sih namanya laut mati dan ada apa sih di laut mati?
Laut mati sebenarnya adalah sebuah danau yang membujur antara Israel dan Yordania. Letaknya sangat rendah gan yaitu 422 meter (1,385 ft) dibawah permukaan Laut!! Bayangin gan betapa rendahnya tempat tersebut sampe2 Laut mati dinobatkan sebagai titik paling rendah yang ada di muka Bumi!


Laut mati memiliki kandungan garam yang sangaaatttt tinggi sampai2 hampir10x lebih asin daripada air laut biasa!!!

perbandingan garam dan air di laut mati adalah 10:3 dalam kata lain, setiap 10 KG air mengandung 3KG GARAM!

Bayangkan gan, kalo berenang disana, bisa2 abis berenang juragan bawa telor asin 2 biji..


nah, karena saking asinnya, maka tidak ada makhluk hidup yang mampu beradaptasi dan bertahan hidup! (makanya disebut laut mati).


itu garam2 yang ada di pinggiran laut mati!

Walaupun demikian, peneliti menemukan bahwa masih ada beberapa jenis bakteri dan sejenis ganggang yang masih bisa bertahan hidup dalam kondisi extrim ini.
nih gangga dead sea


ini bakteri di dead sea, yg warna merah2 gan, yg putihnya tuh garam


gua ga tau namanya gan dan sory ga ad gambar jelasnya karena bakteri sih ga kliatan


Nah, walaupun tidak ada makhluk hidup yg bisa beradaptasi disana kecuali beberapa jenis bakteri dan gangga, manusia memang diciptakan sempurna oleh Tuhan. Dengan kemampuan adaptasi yang dimiliki kulit manusia, kita bisa bertahan dan beraktivitas di laut mati layaknya di laut biasa. Dan lebih asiknya lagi, kita bisa ngapung di laut mati tanpa butuh tenaga sama sekali!(karena konsentrasi garam yg tinggi mengakibatkan daya tekan air ke atas bertambah! kalo pada pernah SD, tau deh percobaan telor dimasukin ke air di dalam baskom trus diaduk2 trus dibandingin sama telor yg dimasukkin ke air+garam)

















sumber :kaskus

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda