About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Thursday, August 20, 2009

Presiden: Tahun 2010 Semua Desa Terhubung Internet


JAKARTA — Pemerintah menargetkan pada tahun 2010, semua desa dan kecamatan di Tanah Air telah terhubung dengan infrastruktur telepon dan internet.

"Pembangunan infrastruktur informatika dan telekomunikasi dasar ke seluruh pelosok Tanah Air adalah wujud nyata dari tekad bersama membangun kesatuan Indonesia," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat berpidato pada Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Gedung DPR-RI, Jakarta, Rabu (19/8).

Pada tahun 2010, semua daerah perbatasan di Tanah Air juga diharapkan dapat menerima siaran TVRI dan RRI.

Menurut Presiden, keberhasilan paradigma "Pembangunan untuk Semua" memerlukan beberapa prasyarat, yang perlu diketahui bahwa perbaikan kemakmuran dan kualitas hidup rakyat secara merata ditentukan oleh ketersediaan infrastruktur dasar. Pembangunan infrastruktur meliputi jalan raya, irigasi, pelabuhan laut, pelabuhan udara, penyediaan air bersih, telekomunikasi, serta infrastruktur energi dan kelistrikan.


Perbaikan kualitas infrastruktur di daerah padat penduduk seperti Jawa, terutama Jakarta, dilakukan dengan membangun Jakarta Mass Rapid Transit System Project. Hal ini untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Pembangunan transportasi nasional juga dipadukan secara tersistem dengan pembangunan daerah secara berkelanjutan.

"Percepatan pengembangan wilayah melalui pembangunan infrastruktur untuk membuka keterisolasian daerah-daerah terpencil," ujarnya.

Khusus infrastruktur penyediaan air minum, pemerintah juga mengambil kebijakan strategis dengan pemberian jaminan dan subsidi bunga kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Program ini salah satu upaya mewujudkan "millennium development goals" (MDGs), dalam bentuk penurunan separuh proporsi penduduk tanpa akses terhadap sumber air minum pada tahun 2015.

"Air minum merupakan kebutuhan dasar masyarakat, yang harus tersedia dalam jumlah yang cukup merata, dan dengan mutu yang baik," kata Presiden.




sumber : kompas

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda