About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Tuesday, July 28, 2009

Gateway TC7806n, Fasilitas Terkini


Nama Gateway sejatinya sangat akrab dengan InfoKomputer. Maklum, InfoKomputer pernah memiliki notebook Gateway di pertengahan 90-an. Notebook itu pun sampai saat ini masih menyala, meski dengan baterai dan performa yang sudah tidak bisa lagi diandalkan. Kini, setelah dibeli Acer, Gateway hadir lagi di Indonesia dan InfoKomputer pun seperti bertemu teman lama.

Saat ini Gateway memiliki empat lini produk, salah satunya adalah Gateway TC7806n. Ini adalah notebook ukuran 14,1” dengan harga sekitar Rp. 9 juta, jadi bisa digolongkan notebook kelas menengah. Ia hadir dengan material glossy berwarna merah marun, dengan hiasan seperti pita yang menonjol di bagian tengah. Selera mungkin berbeda, namun kombinasi warna tersebut tidak terlalu mengena di hati InfoKomputer. InfoKomputer lebih menyukai versi satu lagi (dinamakan Gateway TC7804n) yang tampil serba hitam.



Meski mencoba tampil manis, sulit untuk tidak menangkap kesan kaku di diri Gateway TC7806n ini. Kesan kaku tersebut banyak disebabkan ketebalan notebook yang mencapai 4,1cm, dan kian terlihat karena desainnya yang minim lengkungan. Ditambah bobot mencapai 2,4kg, Gateway TC7806n ini memang jauh dari tren notebook tipis yang belakangan mencuat.

Untungnya, dimensi besar tersebut dikompensasi dengan beragam fasilitas. Selain fasilitas standar notebook (Wi-Fi, Bluetooth, Webcam, slot kartu memori, dan DVD Writer), Gateway TC7806n ini dilengkapi konektor SATA eksternal. Selain itu, di sisi kanan keyboard juga tersedia panel sentuh untuk mengontrol volume dan fungsi multimedia seperti Play, Forward, dan sejenisnya. Meski menarik, responsifitas panel sentuh ini tidak sebaik yang kami harapkan. Pasalnya panel ini butuh lebih dari sentuhan ringan untuk bereaksi, sehingga beberapa kali kami harus menekannya sedikit keras.

Masalah responsifitas juga InfoKomputer temui saat mencoba keyboard-nya. Saat mengetik, sering kali InfoKomputer merasa sudah menekan tombol tertentu, namun ternyata tidak terekam. Barulah setelah menyadari harus menekan lebih keras, InfoKomputer berhasil mencapai zona nyaman meski tetap tidak bisa mencapai kecepatan standar kami.

Performa notebook ini sendiri lumayan. Yang paling layak digarisbawahi adalah daya tahan baterainya yang mencapai 2 jam; cukup lama untuk notebook kelas 14,1”. Namun karena cuma mengandalkan kartu grafis onboard Intel X4500, kemampuan grafisnya tidaklah istimewa.

Notebook ini sendiri menggunakan sistem operasi Windows Vista Home Premium. Sebagai aplikasi tambahan, disertakan Gateway Recovery Management yang memudahkan pengguna mengembalikan kondisi notebook ke posisi factory default.

Aplikasi lain yang menarik adalah untuk fungsi kameranya. Setiap kali kursor melayang di sisi kanan atas dari layar, akan muncul menu untuk mengaktifkan fungsi webcam. Kita bisa mengambil foto sampai resolusi maksimal 1280x800 pixel serta video dengan resolusi yang sama dan frame rate 30fps. Ketika InfoKomputer coba, kualitas kameranya cukup bagus pada kondisi cukup cahaya maupun remang-remang.

***

Dari sisi bentuk, Gateway TC7806n praktis tetap sama seperti notebook Gateway kami dulu: gendut dan sedikit kaku. Bedanya, Gateway kini menggunakan Intel Centrino 2 dengan fasilitas eSATA dan panel sentuh. Alhasil, Gateway TC7806n cocok untuk Anda yang mencari notebook dengan fasilitas terkini. Apalagi, harganya yang sekitar Rp.9 juta tergolong kompetitif.

Sumber: InfoKomputer




kompas

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda