About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Monday, June 22, 2009

Tips Mengenal 3 Manfaat Memanaskan Mesin

Hampir semua pengendara tah, sebelum benar-benar mengendarai mobil, mesin harus dipanaskan. Tapi sebenarnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin? Pada dasarnya, memanaskan mesin mobil tidak cepat dan terlalu lama, 5 menit sudah cukup. Biasanya cukup ditandai dengan jarum temperatur yang menunjukkan posisi 1/2. Namun yang penting, coba diperoleh dengan memanaskan mesin secara rutin? Berikut ini Tips mengenal 3 manfaat memanaskan mesin:


1. Mencegah Keausan. Bila mesin tidak beroperasi dalam waktu yang agak lama, biasanya oli berada di panci oli. Itulah sebabnya pemanasan pada akhirnya membantu mencegah keausan mesin. Sebab dengan pemanasan, Anda memberi kesempatan pada oli untuk bergerak dari panci oli dan masuk kembali ke bagian mesin yang perlu dilumasi.


2. Mengurangi Kebocoran Kompresi. Ada bagian-bagian komponen mesin yang berada pada temperatur tinggi, ada bagian-bagian tertentu yang memang tidak dibuat presisi. Para disainer sengaja menciptakan celah. Dan celah ini secara otomatis akan berkurang (menjadi presisi) ketika komponen-komponen tersebut terkena suhu tinggi (memuai). Ini yang kemudian akan mengurangi kebocoran kompresi. Karena apabila kebocoran kompresi terjadi, maka tekanan pada mesin akan menurun. Akibatnya, temperatur mesin tidak mampu membakar campuran bahan bakar dan udara dengan sempurna. Efeknya tenaga dihasilkan tidak optimal.


3. Membuat Proses Pembakaran Sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna bukan hanya mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat mesin lebih boros bahan bakar. Hal ini sudah jelas karena kondisi mesin masih dingin, sehingga suplai bahan bakar harus lebih besar agar tetap terjadi pembakaran




sumber : tipsanda

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda