About Me

Dapatkan berbagai Informasi menarik Disini dari berbagai sumber terpecaya

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

Saturday, January 24, 2009

Benahi Psikologi


PALEMBANG - Coach Sriwijaya FC Rahmad Darmawan punya tugas baru. Yaitu membenahi psikologi anak-anak asuhnya. Maklum, performa Laskar Wong Kito (julukan SFC) pasang surut. Tapi, memang lebih banyak surutnya.
    Puncaknya, saat dikalahkan Semen Padang 0-2 pada ujicoba di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Rabu (21/1) lalu. Meski sekadar uji coba, tapi cukup menampar reputasi tim doule winners.
    "Pembenahan psikologi pemain itu nomor satu. Itu tugas berat, terutama mengembalikan konfidensi (kepercayaan diri, red) mereka," jabar Rahmad Darmawan, kemarin (23/1).
    Ketidakseimbangan antara program latihan dengan keadaan riil pemain, menjadi salah satu penyebab ambruknya psikologi Wijay dkk. Termasuk minimnya uji coba. Maklum, menyambut putaran II Indonesia Super League (ISL), hanya dua kali uji coba 'sepadan" lawan  Semen Padang dan Persita Tangerang.
Menurut  pelatih 42 tahun, sebenarnya banyak penyebab merosotnya percaya diri pemain. Faktor lainnya yaitu pribadi pemain sendiri. Misalnya, soal urusan keluarga. Ada juga karena trauma cedera. Paling dominan karena molornya pembayaran gaji.
    Tanda-tanda pemain tidak percaya diripun mudah terlihat. Terutama dari ucapan dan bahasa tubuh. Koordinasi gerak yang kacau, murung atau bahkan menjadi pemarah (bisa karena telat gajian) adalah beberapa dari tanda itu.
    "Saya ambil sisi positif saja. Tapi, yang pasti saya akan berusaha maksimal untuk memberi keyakinan pada anak-anak," lanjut pelatih asal Metro, Lampung.
    Percaya diri dalam sepak bola adalah elemen penting. SFC jadi double winners 2007 lalu, karena percaya dirinya luar biasa. Bermain dikandang lawan mana pun bisa memang.
    "Saya harap, psikologi anak-anak kembali bagus. Sebab, kepercayaan diri ini akhirnya juga berkaitan dengan keberhasilan tim secara keseluruhan. Apalagi kamin juga fokus di Copa dan LCA," pungkas ayah dua anak.
    Nah, Rahmad akan melaksanakan tugasnya pada ujicoba terakhir. Rencananya pagi ini pukul 07.00 WIB, menghadapi Pengcab PS Palembang di Gelora Sriwijaya Jakabaring. Ini sua kedua dengan Pengcab PS Palembang. Jumat (16/1), SFC "menang" 5-0. (mg2)


Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan Anda